Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Road Traffic Accident (Studi Kasus Pada Siswa Sman 8 Samarinda) 2019

  • Reni Emita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: lingkungan fisik, kecelakaan lalu lintas, siswa

Abstract

Tujuan Studi : Road Traffic Accident pada anak remaja merupakan konsekuensi dari beberapa faktor yang sering dikaitkan dengan faktor lingkungan fisik. Ada lima faktor utama yang menjadi penyebab Road Traffic Accident yaitu jalan yang berlubang, jalan yang rusak, jalan licin, jalan menikung, dan pencahayaan yang kurang pada malam hari. Daerah kelurahan Sungai Kunjang merupakan daerah rawan kecelakaan. Dilihat dari kondisi jalan yang berdebu disertai dengan padatnya kendaraan besar yang sering melintasi daerah tersebut. Berdasarkan maping polresta Samarinda Tahun 2018 Kelurahan Sungai Kunjang merupakan daerah yang rawan terjadinya kejadian Road Traffic Accident. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh lingkungan fisik dengan Road Traffic Accident pada siswa di SMAN 8 Samarinda tahun 2019.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional yang akan di analisis dengan menggunakan uji Chi-Square.

Hasil : Klasifikasi persentase responden faktor lingkungan fisik yang berisiko sebesar 53,6% sedangkan yang tidak berisiko berisiko sebesar 46,6%. Klasifikasi persentase yang mengalami kejadian Road Traffic Accident sebesar 63,6% sedangkan yang tidak mengalami kejadian Road Traffic Accident sebesar 36,4%. Berdasarkan hasil tabulasi silang, analisa dengan uji statistic Chi-Square didapat nilai P=0,000 < (α=0,05) maka hipotesis Ha diterima dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara  lingkungan fisik dengan Road Traffic Accident pada siswa di SMAN 8 samarinda.

Manfaat : Untuk dapat di lakukan pengawasan mengenai remaja yang belum cukup umur atau memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) agar diberikannya peraturan larangan membawa kendaraan

Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat