Hubungan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Petugas Pemadam Kebakaran Di Kota Samarinda

  • Try Novita Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Beban Kerja, Kelelahan Kerja, Petugas Pemadam Kebakaran

Abstract

Tujuan Studi : Pekerjaan yang beresiko sangat tinggi adalah pemadam kebakaran. Karena Kejadian kebakaran merupakan peristiwa yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, sehingga petugas pemadam kebakaran dituntut untuk selalu siaga ketika bertugas. Kelelahan kerja merupakan permasalahan yang sering terjadi pada tenaga kerja. Salah satu faktor dari kelelahan kerja adalah beban kerja. Beban Kerja yang diperoleh petugas pemadam kebakaran tidak hanya beban kerja secara fisik, namun beban kerja secara mental seperti petugas pemadam kebakaran akan dicaci oleh warga karena datang terlambat dan adu fisik dengan warga. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan beban kerja dengan kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di kota samarinda.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Dengan mengambil responden petugas pemadam kebakaran sebanyak 129 responden.

Hasil : Uji Chi-Square yang diperoleh dengan nilai p-value sebesar 0.241 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan beban kerja dengan kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di kota samarinda. Pengaturan jam kerja sudah baik, pekerja menikmati pekerjaannya dan muncul rasa nyaman dalam bekerja yang menjadikan tidak adanya kelelahan kerja.

Manfaat : Diharapkan bagi dinas pemadam kebakaran dapat memperhatikan waktu kerja petugas.

Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat