Keterpaparan lingkungan terhadap perilaku pelecehan seksual pada siswa sekolah wilayah kerja puskesmas harapan baru

  • Ahmad Amaluddin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Niken Agus Tianingrum
Keywords: Lingkungan, pelecehan seksual, siswa, sekolah

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterpaparan lingkungan dengan perilaku  pelecehan seksual pada siswa sekolah di wilayah Puskesmas Harapan Baru.

Metodologi: Metode yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian ini adalah keterpaparan lingkungan dan pelecehan seksual. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa di dua Sekolah Menengah Pertama kelas I & II yang berjumlah 337 siswa. Lokasi sekolah dipilih karena berada di area Tempat Hiburan Malam wilayah kerja Puskesmas Harapan Baru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner tervalidasi. Analisis data mencakup analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman.

Hasil: Hasil analisis statistik menunjukkan ada hubungan antara keterpaparan lingkungan dengan perilaku pelecehan seksual dengan nilai p= 0,00 (r = 0,226).

Manfaat:  Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari variabel yang berbeda serta faktor pendukung lainnya yang dapat mempengaruhi perilaku pelecehan seksual pada remaja di sekitar Tempat Hiburan Malam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-23
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)