Pengaruh Stres Kerja Kelompok Terhadap Komitmen Karyawan Pada Hypermart Kota Samarinda

  • Tia Ardiana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Vera anitra
Keywords: Stress Kerja Kelompok, Komitmen Kryawan

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat stres yang dialami karyawan dan untuk mengetahui pengaruh situasi penyebab stres terhadap komitment karyawan pada hypermart kota samarinda.

Metodologi : Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan hypermart kota samarinda. Sampel yang diambil sebanyak 94 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability Random Sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.

Hasil studi :  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan mengalami tingkat stres pada level sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa situasi penyebab stres berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap komitmemen karyawan ini terlihat dari Hasil (uji t) yaitu thitung = -0.800 < 0.05. menunjukkan bahwa stress kerja kelompok (X) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap komitment karyawan (Y) Hypermart Kota Samarinda.

Manfaat : hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan kritik dan saran dalam pengambilan keputusan  di hypermart kota samarinda

Published
2020-01-13