Pengaruh Motivasi Kerja Karyawan terhadap Turnover Intention pada PT. Arina Multikarya Samarinda

  • Raka Harsa Wardana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Idham Cholid
Keywords: Karyawan, Motivasi Kerja dan Turnover Intention

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Motivasi Kerja terhadap Turnover Intention pada PT. Arina Multikarya Samarina. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT. Arina Multikarya Samarinda dengan jumlah populasi 242.

Metodologi: Pengambilan sampel menggunakan penyebaran kuesioner dengan tekhnik simple random sampling yaitu mengambil sampel secara acak. Sehingga data penelitian yang diperoleh dengan membagikan kuesioner adalah 151 responden.Analisis data dilakukan dengan melakukan uji validasi, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji asumsi klasik dan terakhir dilakukan pengujian hipotesis.Hasil dari data tersebut diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 23.

Hasil: Pada uji hipotesisnya menggunakan uji t dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja tehadap turnover intention.Pentingnya penelitian ini dilakukan agar khususnya pihak-pihak perusahaan lebih memperhatikan lagi motivasi kerja untuk para karyawannya.Sebab ternyata motivasi sangat mempengaruhi mutu kerja seorang karyawan dalam sebuah perusahaan.

Manfaat: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja yang diberikan diimbangi dengan motivasi, akan meningkatkan keuntungan dan memberi ruang untuk keberlangsungan hidup sebuah perusahaan.Penelitian ini juga dapat menjadi bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)