Pengaruh Media Poster Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Diare Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV 003 Palaran Kota Samarinda

  • Suriadi Suriadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari
Keywords: diare, media, pengetahuan, sikap

Abstract

Tujuan Penelitian : Masalah diare banyak terjadi di wilayah geografis dan juga di negara berkembang. Tingginya masalah tersebut dapat dilihat dari angka kesakitan dan kematian. Diare di sebabkan beberapa faktor perilkau, linkungan, pengetahuan dan sikap tentang penyakit diare. 2014 wabah diare terjadi dengan kematian 29 orang 1,14%. Penggunaan poster media sendiri untuk memberikan informasi yang menarik, mudah dipahami, dan juga mudah diingat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya penggunaan poster media  terhadap pengetahuan dan sikap tentang persetujuan diare.

Metode Penelitian : Metode penelitian menggunakan (Quasi Eksperiment). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik Sampel Jenuh. Dalam hal ini peneliti menggunakan uji Shapiro-Wilk. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang mengumpulkan 25 orang.

Hasil Penelitian : Pada hasil penelitian diperoleh nilai pengetahuan pretest 16% meningkat pada posttest 56% dan sikap pretest 52% meningkat pada posttest 84%. hasil bivariat di dapatkan pengetahuan P-Value (0,004 <0,05), sikap PValue (0,011 <0,05). Ada pengaruh media poster terhadap pengetahuan dan sikap tentang komplikasi siswa kelas IV sebelum dan sesudah disediakan media poster.

Manfaat : Pemberian media edukasi yang menarik dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan pada anak sd.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat