Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V Di SDN 016 Samarinda Seberang

  • Handri Fadhillah Ardie Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Sunarti
Keywords: Video, Pendidikan Gizi Seimbang, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Tujuan studi: Masalah gizi timbul akibat perilaku gizi seseorang yang salah yaitu karena ketidak seimbangan antara konsumsi gizi dan kecukupan gizi yang diperlukan tubuh. Berdasarkan data status gizi anak umur 5-12 tahun di Kota Samarinda, prevalensi gizi lebih tinggi 23.9% terdiri gemuk 17% dan obesitas 6.9%, gizi kurang 9.6% terdiri kurus 7.1% dan sangat kurus 2.5%. Oleh sebab itu peneliti bertujuan untuk mempengaruhi pengetahuan dan sikap siswa SD tentang menjaga gizi seimbang dengan menggunakan mendia video tentang gizi seimbang.

Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 016 Samarinda Seberang wilayah kerja UPT Puskesmas Baqa Kota Samarinda yang berjumlah 94 orang dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang.

Hasil: . Pada hasil penelitian diperoleh nilai pengetahuan pretest 79.2% meningkat pada postest 85.4% dan sikap pretest 66.7% meningkat pada postest 70.8%. Hasil bivariat didapatkan pengetahuan 0.000 (p<0.05), sikap 0.028 (p<0.05).

Manfaat: Dapat menjadi sumber pengetahuan tentang pengaruh media video terhadapa pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)