Analisis Struktur Aktiva Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Bank Syariah Di Indonesia

  • Juhaymi Kurnain Universitas Muhammadiyah kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah Iskandar
Keywords: struktur aktiva, ukuran perusahaan, struktur modal

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui analisis pengaruh strukur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada bank syariah di Indonesia secara parsial dan simultan. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama tujuh tahun, dari tahun 2010 sampai dengan 2017.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan metode dokumentasi yang didapat dari laporan keuangan dari masing-masing Bank Indonesia.

Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal. Secara simultan struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal.

Manfaat: Bagi bank syariah dari hasil penelitian ini diharapakan dapat memberikan pertimbangan dalam menentukan besarnya dana, dan mampu memaksimalkan kinerja keuangan, bagi akademis dari penelitian diharapakan mampu memberikan pengetahuan dan mampu menjadi bahan referensi penelitian selanjutnya mengenai struktur modal dan bagi investor memberikan informasi mengenai faktor internal yang akan mempengaruhi struktur modal, sehingga berguna bagi investor dalam menilai kinerja perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30