Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Return on Assets (ROA) Pada Perbankan Syariah

  • may sarah umkt
  • Fandi Kharisma
Keywords: Financing to Deposit Ratio, Return On Asset

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) pada perbankan syariah tahun 2013 – 2017.

Metodologi: Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, data diperoleh dari laporan tahunan bank umum syariah yang terdaftar di bank Indonesia periode 2013 – 2017. Jumlah populasi data penelitian ini adalah 6 bank umum syariah yang terdaftar di bank Indonesia. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan pengujian asumsi klasik dengan bantuan SPSS 24.

Hasil: Hasil analisis data atau hasil regresi ini menunjukan memiliki nilai t hitung sebesar 0,747 < t tabel 2,048 dan nilai signifikan 0,461 > 0,05, berarti H0 diterima dan Ha ditolak dengan artian Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return on Assets (ROA). Dari hasil koefisien determinasi (R square) variabel  Financing to Deposit Ratio (FDR) hanya mampu menjelaskan 2% terhadap variasi variabel dependen yaitu Return on Asset (ROA) isanya sebesar 88% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan atau pengetahuan mengenai pengaruh di antara Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) yang diharapkan dapat mendukung penelitian selanjutnya dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan tingkat profitabilitas dan rasio keuangan Bank Umum Syariah dan dapat menambah pengetahuan dibidang perbankan syariah tentang bagaimana meningkatkan profitabilitas dengan hal yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bagi hasil dan jenis pembiayaan, serta bagaimana Financing to Deposit Ratio (FDR) dapat mempengaruhi kinerja bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)