Pengaruh Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Perbankan Syariah

  • Jihan Fahira Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fandi Kharisma
Keywords: Beban Operasional Pendapatan Operasional, Return On Assets

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui pengaruh beban operasional pendapatan operasional (BOPO) terhadap return on assets (ROA) pada perbankan syariah. Periode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah selama lima tahun, dari tahun 2013 sampai dengan 2017.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan metode dokumentasi yang didapat dari laporan keuangan dari masing-masing Bank Indonesia.

Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa beban operasional pendapatan operasional berpengaruh negatif terhadap perbankan syariah..

Manfaat: Bagi bank syariah dari hasil penelitian ini diharapakan dapat memberikan pertimbangan dalam menekan biaya operasional secara efektif, mengurangi biaya-biaya operasional seperti barang cetakan tinta, komunikasi fax, meski terlihat kecil nyatanya beban yang dikeluarkan relatif besar. Bagi akademis dari penelitian diharapakan mampu memberikan pengetahuan dan mampu menjadi bahan referensi penelitian selanjutnya mengenai beban operasional pendapatan operasional dengan periode tahun lebih lama, memeperbanyak sampel serta variabel penelitin, agar hasil yang didapatkan bisa lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>