Pengaruh Gaya Kepemimpinan Paternalistik Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Mutu Mineral Indonsia Cabang Samarinda

  • Denni Abdul Aziz Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Suwoko Suwoko
Keywords: paternalistik, Produktivitas

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini dilakukan untuk menguji gaya kepemimpinan paternalistik terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Jasa mutu mineral Inodnesia cabang samarinda. Terdapat tambahan yang terkait dengan gaya kepemimpinan paternalistik agar menunjang produktivitas kerja karyawan lebih meningkat lagi.

Metodeologi: Gaya kepemimpinan paternalistik digunakan pemimpin sebagai penunjang produktivitas kerja yang ada di perusahaan karena gaya kepemimpinan ini memuliki sifat yang melindungi karyawan dan menjadikan suasana pekerjaan seperti kekeluargaan.

Hasil: Berdasarkan hasil uji rentang skala rata-rata skor untuk gaya kepemimpinan paternalistik dengan 4 indikator dan 8 pernyataan yaitu mendapatkan nilai rata skor senilai 3,65 dan berada pada rentang kategori skor 3,43 – 4,23 artinya berada pada kategori tinggi. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan paternalistik memiliki pengaruh yang tinggi bagi PT. Jasa Mutu Mineral Indonesia dan berdampak positif bagi sesama karyawan maupun perusahaan terutama dalam bidang produktivitas kerja. Berdasarkan hasil uji rantang skala rata-rata skor untuk variabel Y yaitu Produktivitas Kerja dengan 6 indikator dan 12 pernyataan yaitu didapat nilai rata-rata skor senilai 3,79 yang berada pada rentang kategori skor 3,43 – 4,23 atau berada pada kategori tinggi. Dan dapat disimpulkan bahwa Gaya Kepemimpinan Paernalistik (X) secaara simulan sangat berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja (Y), ini dapat sudah terbukti dengan beberapa penelitian yang sudah dijabarkan dan dapat diterima.Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diperoleh nilai thitung senilai 5,512 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dengan menggunakan tingkat keyakinan 95% (α =0,05) dan derajat kebebasan 77 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,991, maka thitung> ttabel(α =0,05). Sehingga hasil analisis tersebut dinyatakan  signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan mendapat dukungan / dapat diterima dan konsisten.Dan artinya dapat ditarik kesimpulan bahwa, Gaya Kepemimpinan Paternalistik (X) berpengaruh positif terhadap Produktivitas Kerja (Y) terhadap karyawan di PT. Jasa Mutu Mineral Indonesia cabang samarinda.

Manfaat: Informasi yang diberikan oleh PT. Jasa mutu mineral Indonesia diharapkan mampu dijadikan bahan untuk menganalisis tentang produktivitas yang ada di perusahaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09

Most read articles by the same author(s)