Pengaruh CR Dan ROE Terhadap Harga Saham Dengan PER Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI

Authors

  • Laelatul Fajriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah

Keywords:

Current Ratio, Return On Equity, Price Earning Ratio, Harga Saham

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui serta menganalisis pengaruh current ratio dan Return On Equity terhadap harga saham. Mengetahui dan menganalisis pengaruh price earning ratio dalam memoderasi hubungan antara current ratio dan return on equity terhadap harga saham.

Metodologi: Studi ini menggunakan jenis penelitian asosiatif. Objek penelitian yang digunakan yakni perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi pada Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan sampelnya. Menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi untuk metode analisa data didukung oleh software IBM SPSS Versi 25 dalam mengolah data.

Hasil : Current ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, return to equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, dan price earning ratio sebagai variabel moderasi yang memoderasi hubungan antara current ratio dan  return to equity terhadap harga saham.

Manfaat : Penelitian ini diharapkan mampu memberi wawasan dan pengetahuan tentang pasar modal. Juga sebagai sarana informasi bagi stakeholders atau bagi yang membutuhkan keputusan investasi. Serta bermanfaat sebagai bahan referensi bagi penelitian sejenis di masa mendatang, serta sebagai bahan pustaka bagi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur di Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Most read articles by the same author(s)

> >>