Hubungan Sikap dan Perilaku dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo

  • Alda Fitriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Hansen Hansen
Keywords: sikap, perilaku, kejadian ispa, balita, puskesmas sidomulyo

Abstract

Tujuan Studi: Agar dapat mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap dan perilaku dengan kejadian penyakit ISPA pada balita di wilayah puskesmas Sidomulyo.

Metodologi: penelitian ini menggunakan desain deskripitif kolerasi dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah balita berusia 1-5 tahun yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas Sidomulyo berjumlah 266 balita, sampel dalam penelitian ini sebanyak 194 balita. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling dan menggunakan instrument berupa kuesioner dengan metode wawancara kepada orang tua yang mempunyai balita.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji kontingensi c didapatkan tidak ada hubungan antara sikap dengan kejadian ISPA di wilayah kerja pukesmas Sidomulyo, ada hubungan antara perilaku dengan kejadian ISPA di wilayah kerja puskesmas Sidomulyo.

Manfaat: Menambah wawasan untuk penanganan Ispa, memberikan kemudahan dalam mengolah dan mengumpulkan data tentang sikap dan perilaku khususnya orang tua terhadap kejadian Ispa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat