Hubungan Sosial Budaya dengan Kejadian Stres pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

  • Muhammad Zihad Ramadhani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nida Amalia
Keywords: Sosial budaya, stres, lansia

Abstract

Tujuan : mengetahui hubungan sosial budaya dengan kejadian stress pada lansia di panti sosial werha nirwana puri samarinda.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. jumlah sampel sebanyak (48) responden yang dipilih menggunakan simple random sampling.Pengumpulan data menggunakan angket hubungan antara sosial budaya dan kejadian  stres pada lansi.

Hasil : Sosial budaya pada lansia di Panti Sosial Werdha Tresna Nirawana Puri menunjukkan bahwa pada variable sosial budaya dengan pembagian pada lansia yaitu baik sebanyak 17 orang (35,4%), dan tidak baik sebanyak 31 orang (64,6%). kejadian Stress pada lansia di Panti Sosial Werdha Tresna Nirawana Puri menunjukkan bahwa pada variable stress pada lansia adalah ringan 6 lansia (12,5%), sedang sebanyak 29 lansia (60,4%), dan berat sebanyak 13 lansia (27,1%).

Manfaat : bagi peneliti Penelitian ini agar menjadi insprasi dalam melakukan penelitian.Serta perlu adanya penelitian mendalam untuk mengetahui hubungan sosial budaya dengan kejadian  stress.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)