Pengaruh Pengembangan Pendidikan Terhadap Komitmen Kerja Karyawan di PT. Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda

  • Deny Indra Saputra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sofia Ulfa Eka Handayani
Keywords: Pengembangan Pendidikan Komitmen Kerja

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untukmenguji atau mengetahui apakah ada pengaruh variabel Pengembangan pendidikan terhadap komitmen kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  yang mana data yang diperoleh hasil dari sebaran kuesioner yang memanfaatkan google form sebagai medianya. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan angket dan sampel yang berjumlah 52 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan tingkat signifikannya adalah 5%. Hasil penelitian ini di dapat dengan menggunakan Analisa Regresi Linier Sederhana adalah positif dan signifikan.

Metodologi:Penelitian dilakukan pada PT. Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda, dan penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling (teknik pengambilan sampel secara tidak acak).Adapun alat analisisnya menggunakan program SPSS 23 dengan metode analisis uji instumen seperti uji validitas dan uji reliabilitas, serta ujiasumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana, uji signifikansi pengaruh parsial atau uji t, dan uji koefisien determinan atau uji R2.

Hasil:Hasil penelitian dari analisa regresi linier sederhana positif dan signifikan, dan hasil uji R2 menunjukkan variabel bebas (pengembangan pendidikan) berpengaruh terhadap variabel terikat (komitmen) adalah cukup berpengaruh.

Manfaat:Manfaat dari hasil penelitian ini menghasilkan manfaat teoritis yang mana diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menjadi acuan atau pedoman dalam mengembangkan media pembelajaran dengan lebih lanjut, dan manfaat praktis yaitu manfaat untuk para karyawan yang dari hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan hasil kinerja dan skill karyawan dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-10