Analisis Pengaruh Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI

  • Musdalipah Musdalipah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Idham Cholid
Keywords: Net profit margin (NPM), Harga Saham

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh Net Profit Margin terhadap Harga Saham.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan untuk mencari tahu ada tidaknya pengaruh dari NPM terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.  Pada penelitian ini metode pengumpulan data bersifat dokumenter yaitu dengan cara mengunduh data laporan keuangan dan harga saham historis dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis regresi sederhana menggunakan spss 23.0.

Hasil: Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software SPSS, menunjukkan hasil bahwa variabel Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Variabel Net Profit Margin (NPM) memberikan pengaruh sebesar 67% terhadap harga saham, sedangkan sisanya sebesar 33% merupakan kontribusi variabel lain harga saham.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai betapa pentingnya informasi akuntansi dalam menganalisis harga dan volume perdagangan saham sehingga investor dapat mengambil keputusan untuk melakukan investasi pada saham perbankan yang tepat sehingga mendapatkan return sesuai yang di harapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09

Most read articles by the same author(s)