Hubungan Fungsi Ketenagaan Kepala Ruang dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Layanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kota Samarinda

  • Dewi Rahma Puja Ningsih Anggota
  • Alfi Ari Fakhrur Rizal
Keywords: fungsi ketenagaan, kepala ruang, kinerja perawat

Abstract

Tujuan penelitian: ini untuk Mengetahui Hubungan fungsi ketenagaan kepala ruang dengan kinerja perawat.

Metode Penelitian: ini kuantitatif menggunakan desain deskriftif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian perawat Rumah Sakit Daerah Kota Samarinda yang berjumlah 61 responden. teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Consecutive Sampling.  Analisis data bivariate dengan menggunakan uji Chai – square.

Hasil Penelitian: responden  dengan fungsi ketenagaan yang baik menghasilkan kinerja perawat yang baik 28 responden (80,0%)  fungsi ketenagaan dengan kinerja perawat tidak baik 7 responden (20,0%) . fungsi ketenagaan tidak  baik menghasilkan kinerja baik 9 reponde (65,4%) fungsi ketenagaan tidak baik dengan kinerja perawat tidak baik 17 responde(34,6)Hasil uji statistik dengan menggunakan uji uji chai square maka diperoleh p value 0,001 < nilai ɑ = 0,05.

Kesimpulan : Ada hubungan antara fungsi ketenagaan kepala ruang dengan kinerja perawat dalam memberikan layanan keperawatan diruang rawat inap Rumah Sakit Daerah Kota Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09