Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda

  • Malik Amirulah universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • azhar latief
Keywords: motivasi, kepuasan kerja, kinerja pegawai

Abstract

Tujuan studi: Motivasi dan kepuasan kerja sangat berkaitan langsung dengan kinerja pegawai. Motivasi dan kepuasan kerja yang di rasakan pegawai dapat menurunkan kinerja ataupun meningkatkan kinerja pegawai. Pegawai yang merasa puas dengan pekerjaan yang diperoleh akan termotivasi untuk meningkatkan kinerja sehingga akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan, organisasi, atau instansi tersebut secara keseluruhan Penelitian ini dilakukan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota samarinda.

Metodologi: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang pegawai, dengan menggunakan metode penelitian. Sebagai variable independen yaitu kepuasan kerja dan motivasi kerja, sedangkan variabel dependennya adalah kinerja karyawan, alat statistik yang digunakan adalah Multiple Regretion (Regresi Berganda). Data dianalisis dengan menggunakan software statistik SPSS 22.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam uji F (simultan) bahwa motivasi dan kepuasan kerja secara signifikan mempengaruhi kinerja pegawai dengan sig F 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung sebesar 21,988. Hasil uji t (parsial) motivasi secara signifikan mempengaruhi kinerja pegawai dengan nilai sig t 0,004 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,016. Kepuasan kerja secara signifikan mempengaruhi kinerja pegawai dengan nilai sig t 0,009 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,692.

Manfaat: Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja baik secara simultan maupun secara parsial mempengaruhi kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27

Most read articles by the same author(s)