Pengaruh Inflasi Dan Risiko Sistematis (Beta) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Sariani Sariani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: Inflasi, Risiko Sistematis (Beta), Return Saham

Abstract

Tujuan studi:Penelitianini bertujuanĀ  untukmenguji dan menganalisissecara empirispengaruh dari inflasi dan risiko sistemis (Beta) terhadapreturnsaham. Penelitianini menggunakan data perusahaanpertambangan batubara yangterdaftar di BursaEfek Indonesiaperiode 2013-2017.

Metodologi:Penelitianini merupakan jenis penelitianasosiatif.Teknik pengambilan sampelyang digunakanadalah purposivesampling, sehingga terpilih 7 perusahaan yang memenuhikriteria. Penelitianini menggunakan alat analisis SPSS 25 dengan teknikanalisis data regresiberganda serta menggunakan uji asumsiklasik.

Hasil:Hasilpenelitian ini menunjukkanbahwa secarasimultan inflasi danrisiko sistematis(beta) berpengaruhsignifikan terhadap returnsaham. Sedangkan secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya inflasi yang berpengaruhsignifikanterhadapreturnsaham, sedangkan risiko sistematis (beta) tidakberpengaruh signifikanterhadapreturn saham.

Manfaat:Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai referensi pada beberapa pihak seperti memberikan bukti secara empiris tentang pengaruh inflasi dan risiko sistematis terhadap return saham pada perusahaan sub sektor pertambangan batubara di Bursa Efek Indonesia. Bagi pelaku bisnis dan praktisi keuangan, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi yang menarik dan menjadi salah satu masukan dalam mempertimbangkan keputusan investasi. Dan bagi investor, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam menginvestasikan dananya pada saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>