Pengaruh Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri Terhadap Kesempatan Kerja Di Provensi Kalimantan Timur

  • Ahmad Nur Alipullah universitas muhammadiah kalimantan timur
  • Sofia Ulfa Eka Hadiyanti
Keywords: investasi penanaman modal, Kesempatan kerja

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) secara langsung terhadap kesempatan kerja. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh investasi penanaman modal dalam negeri  secara langsung terhadap kesempatan kerja . Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh investasi pemerintah secara tidak langsung terhadap kesempatan kerja.kesempatan kerja di Kalimantan Timur.

Metodologi: Dalam rangka menguji analisis hipotesis Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder, dengan menggunakan jenis time series. Variabel independen Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sedangkan variabel yakni Kesempatan Kerja. Untuk mengemukakan hipotesis yang telah dikemukakan maka dalam menganalisa data digunakan alat analisa dengan program Statistical package For Sosial Science (SPSS) v.16.0.

Hasil: Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  investasi pemerintah, kesempatan kerja pada tahun 2007sampai dengan 2016. Hasil analisis menunjukkan apabila terjadi peningkatan nilai PMDN pada sektor-sektor ekonomi yang ada maka ada pengaruh PMDN terhadap kesempatan kerja namaun sangat kecil pengaruh nya dikarenakan perekonomian kalimantan timur sedang mengalami gejolak, dikarenakan sektor unggulan perekonomian  harga batu bara  mengalami penurunan. Kondisi ini tidak baik karena mendominasi struktur ekonomi Bumi Etam, sehingga banyak terjadi nya pengurangan kariyawan atau minim nya kesempatan kerja di kalimantan timur

 Manfaat: Sebagai bahan informasi/masukan dalam upaya meningkatkan kemampuan, kreativitas yang berkaitan dengan pengaruh nyata dari investasi penanaman mdal dalam negeri kusus nya di Kalimantan timur. B. Merupakan sarana pelatihan bagi mahasiwa untuk dapat mengidentifikasi, menganalisa, dan mengevaluasi antara teori yang diberikan dengan praktek serta kenyataan yang ada di lapangan.

Published
2020-01-09