hubungan antara kualitas pribadi perawat dengan kepuasan pasien geriatri di RSUD I.A. Moeis Samarinda

  • Helda Purnamasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nunung Herlina
Keywords: Kualitas Pribadi, Kepuasan Pasien

Abstract

Tujuan study: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Hubungan antara kualitas pribadi perawat dengan kepuasan pasien geriatri di Rsud Inche Abdoel Moeis Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptifkorelasional, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pada analisa bivariat makadigunakan uji Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan 57 responden (100%) dan perawat yang merasa puas sebanyak 36 responden (63.2%), pasien yang tidak puas sebanyak 21 responden (36.8%), dan yang kualitas pribadi perawat buruk sebanyak 37 responden (100%) ada 11 orang (29.7%) yang mengatakan kualitas pribadi perawat buruk. Uji yang digunakan adalah uji Chi Square yang didapatkan perolehan hasil 0.003 artinya adanya hubungan antara kualitas pribadi perawat dengan kepuasan pasien geriatri.

Manfaat : Untuk meningkatkan kualitas pribadi perawat dan untuk dijadikan data pembanding bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian dapat memunculkan inovasi baru yang dapat menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-22