Pengaruh Lingkungan Kerja Internal terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Salim Surya Phone di Samarinda

Authors

  • Alfiadi Prayogo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Vera Anitra

Keywords:

Lingkungan Kerja Internal, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan studi: Lingkungan kerja internal dapat mempengaruhi fisik karyawan secara langsung ataupun tidak, lingkungan fisik harus diperhatikan dalam sebuah perusahaan terutama untuk kelancaran proses kerja, sehingga menghasilkan kinerja maksimal untuk setiap karyawan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peran lingkungan kerja internal terhadap kinerja karyawan pada PT. Salim Surya phone di Samarinda, data penelitian diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang mengambil sampel sebanyak 200 orang karyawan.

Metodologi: Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode survei dan dibantu dengan alat bantu kusioner, sedangakan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel lingkungan kerja internal (X) terdahap kinerja karyawan(Y) dan diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y  =  4,634 + 0,712 X.

Hasil: hasil perhitungan didapatkan nilai beta 0,868,  dan diperoleh nilai thitung  sebesar 25,380 dengan tingkat signifikansi 0,000, dan tingkat keyakinan 95% (α = 0,05), serta derajat kebebasan sebanyak 198 sehingga diperoleh nilai ttabel sebesar 1,972, maka dapat disimpulkan bahwa 25,380 > 1,972 dengan (α = 0,05). Sehingga Ha diterima sedangakan pernyataan Ho di tolak hal ini menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja internal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Salim Surya Phone. Dengan perolehan koefesien determinasi (R2) sebesar 0,765. Artinya lingkungan kerja internal mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 76,5%, sedangkan sisanya sekitar 23,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya, yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Manfaat: untuk bisa mengetahui bagaimana lingkungan kerja internal pada PT. Salim Surya Phone apakah sudah berjalan sangat baik ataupun sebaliknya dan juga ingin mengetahui bagaimana kinerja karyawan di perusahaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

> >>