Hubungan Fungsi Pengarahan Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Samarinda

  • Oqe Wijayanti Universitas Muhammadiyah kalimantan Timur
  • Alfi Ari Fakhrur Rizal
Keywords: Kinerja perawat, Fungsi Pengarahan, Kepala Ruangan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi pengarahan kepala ruangan dengan kinerja.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 72 responden dan tehnik pengambilan sampel menggunakan propotional stratified random sampling dengan hasil sampel 61 responden. Instrument yang dipakai adalah kuisioner kinerja perawat dan fungsi pengarahan uji statistik menggunakan Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian fungsi pengarahan kepala ruang dengan kinerja perawat didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p value = 0.013 , a <0.05 dengan Odd Ratio 4.500. Maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara fungsi pengarahan kepala ruang dengan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Manfaat: Sebagai pijakan dan referensi pada penelitian yang akan diteliti berhubungan dengan fungsi pengarahan dan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Published
2020-01-13