Hubungan Antara Faktor Psikososial dan Faktor Lingkungan dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

  • Risdayanti Risdayanti Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Nunung Herlina
Keywords: Faktor Sosial, Faktor Lingkungan, Kualitas HIdup

Abstract

Tujuan Studi: Untuk mengetahui hubungan antara faktor psikososial dan faktor lingkungan dengan kualitas hidup pasien kanker yang menjalani kemoterapi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Rancangan penelitian ini adalah deskriptif dengan desain analitik berbentuk cross sectional. Populasi sebanyak 123 dengan sampel sebanyak 94 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar anket (kuesioner).

Hasil: Hasil penelitian ini menggunakan uji chi-square didapatkan nilai p value 0,000 (p<0,05) menunjukkan ada hubungan antara faktor psikososial dengan kualitas hidup pasien kanker yang menjalani kemoterapi dan didapatkan nilai p value 0,396 (p>0,05) menunjukkan tidak ada hubungan antara faktor lingkungan dengan kualitas hidup pasien kanker yang menjalani kemoterapi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Manfaat: Menambah wawasan pengembangan ilmu keperawatan tentang kualitas hidup pasien kanker yang menjalani kemoterapi agar dapat lebih baik lagi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-28