Hubungan Sikap tentang Penanganan Dismenore dengan Tindakan dalam Penanganan Dismenore Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda

Authors

  • Wahyuni Agustina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Faried Rahman Hidayat

Keywords:

Sikap, Tindakan dalam penanganan dismenore

Abstract

Tujuan Studi: Dismenorea adalah nyeri di perut bagian bawah yang berasal dari kram rahim yang terjadi selama mensturasi. Dismenore yang tidak ditangani dengan benarakan berpengaruh terhadap aktivitas. Sikap penanganan dismenore yang tepat dapat membantu mahasiswi untuk mengurangi rasa nyeri haid. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan sikap tentang penanganan dismenore dengan tindakan dalam penanganan dismenorea mahasiswi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling dengan jenis sampel Stratified Sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 188 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Pengolahan data dan analisa data bivariat menggunakan uji chi Square dengan alfa 5%.

Hasil: Hasil penelitian hubungan antara sikap tentang penanganan dismenore dengan tindakan dalam penanganan dismenore mahasiswi program studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda. Hasil uji statistik menunjukan hasil P value adalah 0,000 yang artinya terdapat hubungan antara sikap tentang penanganan dismenore dengan tindakan dalam penanganan dismenore mahasiswi program studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda.

Manfaat: Menambah pengetahuan peneliti mengenai sikap dan tindakan penanganan dismenore mahasiswi. Dan dapat memberikan informasi kepada remaja putri mengenai sikap dan tindakan penanganan disemnore dengan tepat dan dapat mengurangi rasa nyeri haid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-28

Most read articles by the same author(s)

> >>