Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Perawat dalam Pelaksanaan Pencegahan Pasien Jatuh di Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Samarinda

Authors

  • Nada Rizky Dwi Faridha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun

Keywords:

pengetahuan, kepatuhan, pencegahan pasien jatuh

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan pencegahan pasien jatuh di Rumah Sakit Umum Daera Inche Abdoel Moeis Samarinda.

Metodelogi : Metode yang digunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Insterumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan lembar observasi. Jumlah sampel 51 perawat di ruang rawat inap non intensif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji chi-square.

Hasil Penelitian : Hasil analisi dengan menggunakan uji chi-square menunjukan p valeu 0,038 < α (0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan pencegahan pasien jatuh.

Manfaat : Diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan perawat dalam pelaksanaan patient safety khusus nya dalam pelaksanaan pencegahan pasien jatuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-22

Most read articles by the same author(s)

> >>