Hubungan Fungsi Pengorganisasian Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Samarinda

  • Siti Ulvana Riyani universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Alfi Ari Fakhrur Rizal
Keywords: Fungsi pengorganisasian, kepala ruangan, kinerja perawat

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara fungsi pengorganisasian kepala ruangan dengan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Samarinda.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 72 responden dan teknik pengambilan sampel pada menggunakan propotinal Stratified Random sampling.Instrument yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dijelaskan dari kisi-kisi fungsi pengorganisasian serta kinerja perawat.Uji statistik menggunakan uji Chi-Square.

Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian hubungan fungsi pengorganisasian kepala ruangan dengan kinerja perawat didapatkan hasil yang signifikan yaitu p value = 0.008 < ɑ = 0.05. Maka Ha diterima sehingga diambil kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara fungsi pengorganisasian kepala ruangan dengan kinerja perawat.

Manfaat : Sebagai panutan dari referensi pada penelitian yang akan diteliti dengan fungsi pengorganisasian dan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-22