Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Poliklinik PPK 1 Denkesyah

Authors

  • Muhammad Novi Andrean Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin

Keywords:

tingkat kecemasan, kadar gula darah, DM Tipe 2

Abstract

Tujuan studi: Untuk melihat adanya hubungan antara tingkat kecemasan dengan kadar gula darah pasien diabetes mellitus tipe II di poliklinik PPK 1 Denkesyah.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional (hubungan/korelasi) yaitu penelitian yang mengkaji hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah 46 responden dengan sampel 41 responden menggunakan teknik Purposive Sampling dengan menggunakan instrument berupa kuesioner HARS untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan kadar gula darah pasien diabetes melitus tipe II. Analisis bivariat menggunakan uji Mann-whitney.

Hasil:Hasil analisis menggunakan uji uji Mann-whitney antara hubungan tingkat kecemasan dengan kadar gula darah di dapatkan nilai P value 0.000 (p<0.05), maka Ha diterima dan Ho ditolak dapat disimpulkan ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus tipe II.

Manfaat: Menjadi referensi terapi yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah dan diharapkan bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang terapi dukungan keluarga yang nantinya mungkin akan ditemukan manfaat selain dari perubahan kadar gula darah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-22

Most read articles by the same author(s)

> >>