Hubungan Nyeri Haid dan Perilaku Tentang Penanganan Dismenore dengan Aktivitas Belajar Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda

  • Vinny Indah Pradini Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Faried Rahman Hidayat
Keywords: Nyeri Haid, Perilaku Tentang Penanganan Dismenore, Aktivitas Belajar

Abstract

Tujuan Studi: Mahasiswi yang mengalami nyeri haid menyebabkan aktivitas belajar  menjadi terganggu dan tidak dapat berkonsentrasi, Perilaku penanganan dismenore yang tepat dapat membantu mahasiswi untuk mengurangi gejala yang dapat menghambat mahasiswi dalam melakukan aktivitas belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan nyeri haid dan perilaku tentang penanganan dismenore dengan aktivitas belajar mahasiswa ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling dengan jenis sampel Stratified Sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 188 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Pengolahan data dan analisa data bivariat menggunakan uji chi Square dengan alfa 5%.

Hasil :Hasil penelitian hubungan nyeri haid dan perilaku tentang penanganan dismenore dengan aktivitas belajar pada mahasiswi program studi Ilmu Keperawatan di Univeritas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda. Hasil uji statistik menunjukan hasil P value adalah 0,000 yang artinya terdapat hubungan antara nyeri haid dengan aktivitas belajar pada mahasiswi program studi Ilmu Keperawatan di Univeritas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda.

Manfaat : Menambah wawasan dan pengetahuan peneliti mengenai dismenore dan perilaku penanganan  dismenore terhadap aktivitas belajar. Dan dapat memberikan informasi kepada remaja putri mengenai dismenore dan penanganan dismenore.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-28