Pengaruh Aromaterapi Lavender terhadap Penurunan Kelelahan Kerja pada Pelaku Rawat (Caregiver) Klien Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Sempaja Samarinda

Authors

  • Yundha Cahyani Khairunisa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Muhammad Bachtiar Safrudin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

kelelahan kerja, aromaterapi lavender, pelaku rawat klien stroke

Abstract

Tujuan studi: Mengidentifikasi pengaruh arometerapi lavender terhadap penurunaan kelelahan kerja caregiver klien dengan stroke di wilayah kerja Puskesmas Sempaja Samarinda.

Metodologi:  Jenis penelitian ini adalah quasi esperiment dengan one group pretest-postest design. Menggunakan sampel 17 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner KAUPKA2 untuk kelelahan kerja pelaku rawat(caregiver). Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil: Hasil uji statistik mengunakan uji nonparametrikwilcoxson diperoleh p value sebesar 0,000<α (0,05). Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh pemberian aromaterapi lavender terhadap penurunan kelelehan caregiver klien dengan stroke.

Manfaat: Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan pengetahuan dan manfaat aromaterapi lavender terhadap penurunan keletihan/beban caregiver yang merawat keluarga yang mengamai stroke, sehingga bisa meningkatkan kualitas perawatan pasien stroke dirumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-27

Most read articles by the same author(s)