Hubungan Pengawasan Kepala Ruang dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di RSUD I.A Moeis Samarinda

Authors

  • Ananda Devara Alan putri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Alfi Ari Fakhrur Rizal

Keywords:

Monitoring Function, Performance, Charge Nurse

Abstract

Tujuan Study: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengawasan kepala ruang dengan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Metode Penelitian: Di penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif serta pendekatan dengan cross-sectional. Populasi di penelitian terdapat 72 populasi dengan 61 responden dan teknik pengambilan sampel pada menggunakan total sampling. Instrument yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui hubungan pengawasan kepala ruang dengan kinerja perawat. Uji statistic menggunakan uji Chi - Square.

Hasil :  Hasil penelitian pengawasan kepala ruang dengan kinerja perawatdidapatkan hasil uji static yang signifikan yaitu p value = 0.000 < ɑ = 0.05. Dengan nilai ro= 12.800. Ditemukan hasil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat diambil kesimpulan bahwa didapatkannya hubungan yang bermakna antara pengawasan kepala ruang dengan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan.

Manfaat:  Sebagai panutan dan referensi pada penelitian yang akan datang berhubungan dengan pengawasan ketua ruangan terhadap kinerja perawat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-28