Hubungan Teman Sebaya dengan Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri Samarinda

Authors

  • Rahman suhada universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih

Keywords:

teman sebaya, kebiasaan konsumsi, fast food

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Teman sebaya dengan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji (fast food) pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri Samarinda.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi. Populasi seluruh siswa-siswi di 4 SMA Negeri di Samarinda sebanyak 1.405 siswa.pengambilan sampelĀ  menggunakan teknik stratified random sampling, diambil berdasarkan kriteria inklusi, yaitu siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri Samarinda, menggunakan rumus slovin dengan toleransi kesalahan5%. Sampel penelitian 311 siswa.Pengumpulan melalui wawancara dan kuesioner.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian dengan uji Rank spearman menunjukan nilai p-value 0,000< 0,05 sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara Teman sebaya dengan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji dan nilai korelasi sebesar 0,259 menunjukan arah positif dengan kekuatan korelasi rendah.

Manfaat: Untuk mengetahui adanya hubungan antara Teman Sebaya dengan kebiasaan konsumsi fast food

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-28

Most read articles by the same author(s)

> >>