Hubungan Sikap dengan Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri Samarinda

  • ida bagus nuraini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih
Keywords: sikap, kebiasaan konsumsi, fast food

Abstract

Latar Belakang : Kebiasaan konsumsi makan merupakan ekspresi setiap individu dalam memilih makanan. Seiring dengan perkembangan zaman dan beragamnya  jenis makanan, sehingga banyak masyarakat memiliki kegemaran dan  kebiasaan  mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food). Sikap yang ditunjukakan oleh remaja terhadap beberapa pernyataan tentang konsumsi makanan cepat saji (fast food) tidak aman untuk kesehatan.

Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap dengan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji (fast food) pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri Samarinda.

Metode : Metode yang digunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Insterumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Jumlah sampel sebanyak 311 siswa dengan 4(empat) SMA yang ada di Samarinda, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan statified random sampling. Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Rank spearman.

Hasil Penelitian : Hasil analisi dengan menggunakan uji Rank Spearman menunjukan p valeu 0,000 < α (0,05)

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dengan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji (Fast Food) pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri Samarinda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-04