Hubungan Faktor Fisik dan Faktor Spiritual Dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker Yang Menjalani Kemoterapi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

  • ilham ilham noviar Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • nunung herlina
Keywords: Faktor fisik, Faktor Spiritual, Kualitas Hidup

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui dampak faktor fisik dan faktor spiritual terhadap kualitas hidup pasien kanker yang menjalani kemoterapi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi:Rancangan penelitian ini adalah deskriptif dengan metode analitik berbentuk cross-sectional. Populasi sebanyak 124 dengan sampel sebanyak 94 responden. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar anket (kuesioner). Analisa data univariat dan bivariat menggunakan Chi-Squareserta untuk membantu dalam proses pengumpulan dan perumusan data digunakan software IBM SPSS Statistic 24 untuk proses perumusan datanya.

Hasil:Hasil telaah ini menggunakan uji chi-square didapatkan nilai p value 0,047 (p<0,05) menunjukkan ada kaitan antara faktor fisik terhadap kualitas hidup penderita kanker yang melalui kemoterapi dan didapatkan nilai p value 0,026 (p<0,05) menunjukkan ada hubungan antara faktor spiritual dengan kualitas hidup pasien kanker yang melalui kemoterapi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Manfaat:Diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara lebih sering melakukan kontrol terhadap penyakitnya dan tetap sering berhubungan dengan orang di sekitarnya serta mampu mengendalikan emosinya agar tidak putus asa dan diharapkan bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-22