Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tentang Penanganan Disminore dengan Aktivitas Belajar pada Mahasiswi Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda

  • Maulidya Yusvanita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Faried Rahman Hidayat
Keywords: pengetahuan, sikap, aktivtas belajar

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap tentang penanganan disminore dengan aktivitas belajar mahasiswi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah kalimantan Timur Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasi melalui pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 188 mahasiswi dan pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Penelitian ini memakai uji statistik korelasi Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan pengetahuan cukup sebanyak 111 responden (59%) dan aktivitas belajar terganggu 55 responden (29,3%), aktivitas belajar tidak terganggu 56 responden (29,8%), sedangkan hasil penelitian sikap negatif sebanyak 97 responden (51,6%) dan aktivitas belajar tidak tergsnggu 36 responden (19,1%), aktivitas belajar terganggu 61 responden (32,4%).Uji Chi-square pengetahuan diperoleh hasil p-value 0.004 (p value< 0.05) maka H0 ditolak Ha diterima yang mengatakan terdapat hubungan pengetahuan tentang penangan disminore terhadap aktivitas belajar, dan sikap dieroleh hasil p-value 0.000 (p value < 0.05) sehingga H0 ditolak Ha diterima yang mengatakan terdapat hubungan sikap tentang penanganan disminore terhadap aktivitas belajar.

Manfaat: Memberikan pengetahuan tentang disminore serta penanganan dan cara mengatasinya sehingga tidak menganggu aktivitas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-28