Pengaruh Pemberian Black Garlic terhadap Perubahan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja PUSKESMAS Segiri Samarinda

  • Tri Yuli idi Pangestu Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Annaas Budi Setyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Black Garlic, Kadar Gula Darah, Diabetes Melitus

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian Black Garlic terhadap perubahan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe II.

Metodologi: Design penelitian pre eksperimental dengan menggunakan rancangan one group pretest and posttest tanpa kelompok kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Uji analisis menggunakan uji paired t- test.

Hasil: Hasil analisa uji statistik menunjukkan bahwa pada variabel kadar gula darah nilai p value 0.000 < 0.05, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang bermakna pada kadar gula darah sebelum dan sesudah diberikan black garlic.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada peneliti lain, pihak institusi pelayanan kesehatan dan pasien diabetes mellitus mengenai manfaat black garlic sebagai obat nonfarmakologi untuk menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-28