Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kejenuhan (Burnout) Kerja Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD Inche Abdoel Meois Samarinda

  • Bagus Dwi Pamungkas Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti
Keywords: gaya kepemimpinan, burnout

Abstract

Tujuan Study: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan kejenuhan (burnout) kerja perawat.

Metodologi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan burnout perawat diruang rawat inap RSUD Inche Abdoel Moeis Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah kuesioner dengan sampel sebanyak 58 perawat diruang rawat inap non intensif dengan teknik Stratifed Proportional Random Sampling.

Hasil : Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji chi-square dengan hasil P-Value 0,042<ɑ(0,05), sehingga peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan dengan burnout pada perawat.

Manfaat  :Menambah bahan kepustakaan Uniiversitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sekaligus sebagai masukan informasi mengenai motivasi kerja yang mempengaruhi burnout kerja perawat diruang rawat inap RSUD.I.A.MOEIS Samarinda.

Published
2020-01-09