Hubungan Kelebihan Waktu Kerja dengan Motivasi dan Disiplin Kerja pada Perawat di Ruang Perawatan Intensif RSUD AW Sjahranie Samarinda

  • amelia sasmitha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Maridi M Dirdjo
Keywords: Kelebihan Waktu Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja

Abstract

Tujuan studi: Menggambarkan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, usia, ruangan dan lama bekerja, menggambarkan kelebihan waktu kerja, menggambarkan motivasi kerja, menggambarkan disiplin kerjapada perawat di ruang intensif RSUD AW Sjahranie Samarinda dan menganalisis hubungan kelebihan waktu kerja dengan motivasi kerja dan disiplin pada perawat di ruang intensif RSUD AW Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini adalah menggunakan rancangan korelasionaldengan pendekatan cross sectional. Penelitian koresional bertujuan mengungkapkan hubungan korelatif antar variabel. Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified proportional random sampling. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 103 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji validitas dan uji reliabilitas tidak diuji karena sudah baku.

Hasil: Hasil yang diperoleh frekuensi jenis kelamin terbanyak adalah perempuan dengan persentase 77,7% (80 responden), ruangan terbanyak adalah ICU dengan 25 responden (24,3%), usia terbanyak adalah usia 25-35 tahun dengan 61 responden (59,2%) dan lama kerja nya adalah 1-7 tahun dengan responden sebanyak 49 (47,6%). Berdasarkan kelebihan waktu kerja didapatkan rata-rata nilai yaitu 44,18, motivasi dengan 133,55 dan disiplin kerja sebanyak 33,59. Hasil uji Pearson Product Moment diperoleh p value kelebihan waktu kerja dengan motivasi kerja yaitu 0,596>α(0,05), dan untuk kelebihan waktu kerja dengan disiplin kerja yaitu 0,008<α(0,05). Kesimpulannya tidak ada hubungan antara kelebihan waktu kerja dengan motivasi kerja, namun kelebihan waktu kerja ada hubungan dengan disiplin kerja.

Manfaat: Sebagai bahan atau sumber data bagi penelitian selanjutnya dalam pengembangan penelitian tentang hubungan kelebihan waktu kerjaterhadap motivasi dan disiplin kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-04