Pengaruh Pemberian Air Kelapa Muda terhadap Perubahan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja PUSKESMAS Air Putih Samarinda

  • Muhammad Ali Basir Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Rusni Masnina
Keywords: air kelapa muda, tekanan darah, hipertensi, lansia

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara air kelapa muda kepada tekanan darah lansia yang menderita penyakit hipertensi..

Metodologi: Penelitian desaign quasi experiment berbentuk non-randomized sebelum dan sesudah control group. Populasi 156 responden dengan sampel 20 responden menggunakan teknik Purposif sampling dengan teori Rescoe. Normalitas dengan uji Shapiro-wilk. Analisis statistik dengan Uji T-Test.

Hasil: Hasil analisis T-Test Dependent menunjukkan adanya pengaruh antara air kelapa muda kepada tekanan darah nilai Sig 0,000. Dan hasil analisa uji T-Test Independent terdapat adanya suatu perbedaan signifikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol nilai Sig 0,041.

Manfaat: Menjadi referensi terapi yang dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah dan diharapkan bagi peneliti lain terkait faktor-faktor efektivitas pemberian air kelapa muda, mempertimbangkan lokasi responden yang saling berdekatan untuk melancarkan pengambilan data, serta memperhatikan bias yang akan terjadi pada saat pengambilan responden

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-04