Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Terkendalinya Kadar Gula Darah pada Pasien DM Tipe II di RSUD AWS

  • Pebby Lia Agustina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Diabetes Mellitus Tipe II, Tingkat Pengetahuan, HbA1c

Abstract

Tujuan studi:Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan terkendalinya kadar gula darah pasien diabetes melitus tipe II di instalasi rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi:Desain Penelitian ini adalah deskriptifkorelasional. Sampel penelitian sebanyak 90 responden. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji man-whitney.

Hasil:Berdasarkan hasil penelitian tingkat pengetahuan baik sebanyak 46 (51,1%) responden, cukup 27 (30,0%) responden, kurang 17 (18,9%) responden. Penelitian menunjukan dari 90 orang kontrol baik sejumlah 58 (64,4%) orang, kontol sedang 17 (18,9%) responden, kontrol buruk 15 (16,7%) responden. Dari hasil bivariate p-value 0,000 > α 0,05. Ada hubungan tingkat pengetahuan dengan terkendalinya kadar gula darah pasien diabetes melitus tipe II.

Manfaat:Hasil penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi pasien diabetesmelitus tipe II agar dapat mengendalikan kadar gula darah, untuk menjadi masukan penting bagi petugas kesehatan bagi dokter maupun perawat di rumah sakit tidak hanya mengandalkan obat-obat medis tetapi juga dapat menggunakan terapi untuk mengendalikan kadar gula darah pasien diabetesmelitus tipe II, untuk \digunakan sebagai bahan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan hubungan tingkat pengetahuan dengan terkendalinya kadar gula darah pada pasien diabetesmelitus tipe II di instalasi rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie samarinda.

Published
2020-01-13