Hubungan Usia dan Aktivitas Fisik dengan Jenis Kanker di Ruang Kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

  • Nita Wardana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rini Ernawati
Keywords: Aktivitas Fisik, Jenis Kanker, Usia

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan aktivitas fisik dengan jenis kanker di ruang kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuanitatif denganĀ  pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 183 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan hasil sampel 125 responden. Instrument yang dipakai adalah kuesioner aktivitas fisik dan fungsi pengarahan uji statistik menggunakan Chi-Square..

Hasil: hasil penelitian variabel usia dengan jenis kankerĀ  didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p value = 0.001 a <0.05 . Sedangkan hasil variabel aktivitas fisik didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p value = 0.001 a <0.05 Maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan usia dan aktivitas fisik dengan kejadian jenis kanker di ruang kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Manfaat: Sebagai referensi penelitian yang berhubungan dengan usia dan aktivitas fisik dengan jenis kanker.

Published
2020-01-09