Hubungan Motivasi Kerja dengan Komitmen Organisasi Perawat di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda

  • desy Oktaviani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Maridi Marsan Dirdjo
Keywords: Motivasi kerja, Komitmen organisasi

Abstract

Latar Belakang: Kinerja perawat yang didasari motivasi kerja yang tinggi dapat meningkatkan komitmen organisasi. Komitmen organisasi ditunjukkan dengan bagaimana seorang perawat mampu bertahan dalam suatu organisasi dalam hal ini yakni rumah sakit. Di suatu rumah sakit pekerjaan sebagai perawatlah yang harus selalu siap 24 jam bersama pasien. Oleh sebab itu, motivasi kerja merupakan hal yang berpengaruh penting dalam meningkatkan komitmen organisasi.

Tujuan Studi: mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan komitmen organisasi perawat.

Metode: . Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini seluruh perawat yang bekerja di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda sebanyak 119 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Stratifide Random Sampling dan didapatkan sebanyak 92 sampel.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian didapat jumlah p-value (0,110 > α 0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan komitmen organisasi. Diharapkan untuk selalu dapat memberikan motivasi kerja terhadap perawat sehingga akan meningkatkan komitmen organisasi.

 

Kata kunci: Motivasi kerja, Komitmen Organisasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-04