Hubungan Pola Makan dengan Terkendalinya Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

Authors

  • Nur Alianatasya UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
  • Siti Khoiroh Muflihatin UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR

Keywords:

pola makan, HbA1C, DM tipe II

Abstract

Latar belakang : Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolisme pada karbohidrat, lemak dan protein pada tubuh manusia. Salah satu faktor penyebab penyakit DM iaitu Pola Makan. Pola makan ialah pola pemenuhan nutrisi peroral untuk mempertahankan status kesehatan atau membantu proses penyembuhan dengan mempertimbangkan jenis, jadwal dan jumlah konsumsi.

Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dengan terkendalinya kadar gula darah penderita DM tipe II.

Metode penelitian : Pendekatan yang digunakan ialah Cross sectional yang merupakan suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Jumlah responden 90 responden. Hasil

penelitian: Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji chi square dengan hasil p value 0.002 < α 0.05 sehingga Ha diterima yang artinya ada hubungan antara Pola Makan dengan Terkendalinya Kadar Gula darah pada penderita DM tipe II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-04

Most read articles by the same author(s)

> >>