Hubungan Usia Gestasi, Paritas dan Kehamilan Ganda dengan Kejadian Respiratory Distress Sindrome (RDS) pada Neonatus di RSUD Abdul Wahab Sjahranie

Authors

  • Andina Oktavianty UMKT
  • Ni Wayan Wiwin

Keywords:

Usia Gestasi, Paritas, Kehamilan Ganda, RDS

Abstract

Tujuan studi: Untuk Mengetahui hubungan usia gestasi, paritas dan kehamilan ganda dengan kejadian Respiratory Distress Sindrome (RDS) pada Neonatus di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie. Sampel penelitian sebanyak 95 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan SPSS 22.0.

Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik chi – square hubungan usia gestasi dengan kejadian respiratory distress syndrome di RSUD Abdul Wahab Sjahranie diperoleh nilai P value = 0.028 < α= 0.05. Hubungan paritas dengan kejadian respiratory distress syndrome diperoleh nilai P value = 0.047 < α =  0.05 serta kehamilan ganda diperoleh nilai P value = 0.047 < α= 0.05 dan nilai OR = 6.55.

Manfaat: Menjadi referensi terapi yang dapat digunakan untuk mengontrol usia gestasi, paritas dan kehamilan ganda dan diharapkan bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang terapi kejadian respiratory distress sindrome (RDS) pada neonatus yang nantinya mungkin akan ditemukan manfaat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-04