Pengaruh Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Buersa Efek Indonesia Tahun 2017

  • yesi irma septiana umkt
  • fandi kharisma
Keywords: Earning Per Share, Harga saham, Perusahaan Manaufaktur

Abstract

Tujuan Studi : Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai agar dapat mengukur apakah earning per share berpengaruh cukup besar terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017.

Metodelogi : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dianalisis melalui program SPSS 21. Populasi dalam penelitian ini yaitu 43 sampel dari 119 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik yang digunakan dalam penelitin ini dengan cara purposive sampling, yang digunakan dalam kriteria tertentu. Teknik penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, Uji asumsi klasik (uji normalitas,uji multikolineritas,uji heteroskedastisitas,dan uji autokorelasi) pengujian hipotesis dengan uji t (parsial), koefisien determinasi dan analisi korelasi.

Hasil : Penelitian ini  menunjukkan bahwa variable tingkat laba per lembar saham atau Earning Per Share (EPS) memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap harga saham  pada perusahaan  manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017

Manfaat : Dari hasil penelitian yang sudah ada dapat menjadi bahan pertimbangan untuk membantu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dan membantu para investor untuk melihat perusahaan mana yang memiliki tingkat laba per lembar sahamnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27

Most read articles by the same author(s)