Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Suku Bunga Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif Dan Komponen

  • Eko Ramadhani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah
Keywords: profitabilitas, return on assets, suku bunga

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui pengaruh return on asset dan suku bunga secara simultan terhadap harga saham, untuk mengetahui pengaruh return on asset dan suku bunga secara parsial terhadap harga saham, serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap harga saham.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mana teknik ini menentukan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Metode analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 25 dalam megolah data.

Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa return on asset dan suku bunga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, return on asset secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dan suku bunga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan  return on asset sebagai variabel dominan yang berpengaruh terhadap harga saham.

Manfaat : Untuk memperoleh ilmu pengetahuan mengenai investasi pada perusahaan manufaktur subsektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sebagai referensi penelitian di masa yang akan datang.

 

Published
2020-01-13