Hubungan Antara Riwayat Pemakaian Kontrasepsi dan Lama Menyusui dengan Jenis Kanker di Ruang Kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

Indonesia

  • Desy Aulia Windawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rini Ernawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Riwayat Pemakaian Kontrasepsi, Lama Menyusui, Jenis Kanker

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan antara riwayat pemakaian kontrasepsi dan lama menyusui dengan jenis kanker di Ruang Kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini dilakukan di ruang kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dengan jumlah sampel 125 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan yaitu cross sectional dengan uji bivariat chi square dengan alpa 0.05.

Hasil: Analisis hubungan antara riwayat pemakaian kontrasepsi dan lama menyusui dengan jenis kanker di ruang kemoterapi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dengan chi square  diperoleh nilai p=0,000 (<0,05) yang berarti ada hubungan yang bermakna antara riwayat pemakaian kontrasepsi dan lama menyusui dengan jenis kanker RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Manfaat: Sebagai panutan dan referensi pada penelitian yang akan diteliti berhubungan dengan riwayat pemakaian kontrasepsi dan lama menyusui dengan jenis kanker

Published
2020-01-09