Efektivitas Teknik Relaksasi Benson Dan Terapi Genggam Jari Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Laparatomi Di Ruang Mawar RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda

  • satriana satriana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Pipit Feriani
Keywords: Teknik Relaksasi Benson, Terapi Genggam Jari, Kecemasan, Universitas Muhammadiyah

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas antara teknik relaksasi benson dan terapi genggam jari terhadap tingkat kecemasan pada pasien laparatomi di ruang mawar RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analitik dengan pendekatan studi cohort dengan metode quasi experiment.  Desain penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dengan rancangan without control design. Populasi penelitian ini adalah 21 responden dengan sampel yang digunakan adalah 20 responden. Analisis meliputi analisis univariat dan bivariat menggunakan uji paired sample t-test dan multivariat menggunakan uji t-test independent.

Hasil: Hasil analisis multivariat menggunakan uji t-test independen  menunjukkan bahwa teknik relaksasi benson lebih efektif menurunkan tingkat kecemasan daripada terapi genggam jari pada pasien Laparatomi yaitu p value 0.014<0.0levels dan nilai selisih mean difference antara teknik relaksasi benson dan terapi genggam jari yaitu 3.600 > 2.400.

Manfaat: Teknik relaksasi benson dan terapi genggam jari dapat menurunkan tingkat kecemasan pada pasien laparatomi. Dan teknik relaksasi benson yang lebih efektif menurunkan tingkat kecemasan pasien laparatomi daripada terapi genggam jari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-04