Analisis Pengaruhv Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Di Perusahaan Perbankanv Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017

  • Rini Irawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Idham Cholid
Keywords: Earning Per Share, harga saham

Abstract

Tujuan: Pada era globlalisasi dan kemajuan teknologi seperti saat ini, sangat banyak opsi untuk memiliki income (pemasukan) salah satunya dengan berinvestasi. Perbankan adalah tempat investasi yang memungkinkan karena selalu dibutuhkan dan berkembang mengikuti teknologi.Banyak indikator yang digunakan untuk memilih instansi pada bidang perbankan yang aman dan menguntungkan bagi investor untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Earning Per Share terhadap harga saham yang hasilnya dapat menjadi referensi bagi investor untuk menentukan pilihan berinvestasi dengan indikasi memberi keuntungan yang dapat diandalkan.

Metodologi: Objek penelitian adalah perusahaan - perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 - 2017. Metode yang dipakai pengumpulan sampel yang digunakan v yaitu teknik purposive sampling sehingga ditetapkan 5 perusahaan perbankan sesuai kriteria, lalu digunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh antara Earning Per Share terhadap harga saham pada perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi statistik SPSS 23 dan pengujian hipotesis menggunakan uji T.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan Earning Per Share berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016 - 2017.

Manfaat: Manfaatv penelitian ini secara teoritis menjadi referensi tentang kajian yang pada sektor perbankan v yang berkaitan dengan vanalisis pengaruh earning per share terhadapv harga saham, secara praktis yang menjadi bahan rujukan atau evaluasi bagi perusahaan yang berperan di dalam bisnis perbankan, menjadi vbahan komparasi bagi institusi yang berkaitanv pada bidang vperbankan dan investasi, sertav memberi pengetahuan  dan  wawasan kepada masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)