Hubungan Dukungan Emosional Keluarga Dengan Depresi Pada Pasien Pascastroke Iskemik Di Puskesmas Remaja Samarinda

Authors

  • Jumrana Jumrana universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Thomas Ari Wibowo

Keywords:

Dukungan emosional Keluarga, Depresi, Pasien Pasca Stroke

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan emosional keluarga dengan depresi pada pasien pasca stroke iskemik.

Metode Penelitian:  penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 33 responden dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Instrument  yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kuesioner dukungan emosional keluarga. Dan untuk mengukur depresi menggunakan kuesioner Depresi Anxiety Stress Scale(DASS). Uji statistic menggunakan uji Spearman Rank.

Hasil: hasil penelitian dukungan ini didapatkan hasil uji static yang signifikan yaitu p value = 0.000 < ɑ = 0.05. makaHa diterima dan dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan emosional keluarga dengan depresi pada pasien pasca stroke iskemik.

Manfaat : Sebagai pengetahuan untuk keluarga sehingga dapat di lakukan dukungan emosional pada keluarga depresi pasca stroke dan dapat menerima keadaan keluarga yang depresi pascastroke.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Most read articles by the same author(s)

> >>